Disini kita berdiskusi, tambah Informasi dan pemenuhan kebutuhan jual beli ONLINE maupun OFFLINE.., KLIK TABLE.of.CONTENT untuk melihat semua daftar posting dan barang

Jumat, 09 November 2012

MEngenal Peralatan Perlengkapan Mancing

Bagi sebagian Pemula, dalam memancing di zaman modern ini sangat banyak perkembangannya dari zaman dahulu kita-kita memancing, (terutama para pemancing tambak dahulu, :) hehe). Dahulu memancing adalah sebuah lahan pekerjaan untuk mencari ikan agar nantinya bisa dijual dan menghasilkan uang. Namun saat ini memancing adalah bagian dari Hoby dan kadang menjadi sarana refreshing. tidak seperti dahulu, dimana memancing menggunakan alat seadanya seperti
  - Joran yang hanya terbuat dari kayu, atau batang bambu yang di belah tipis
  - Pelampung yang hanya kebanyakan dari gabus, atau karet sandal
  - Metodenyapun hanya mengikat tali pada Joran yang kadang mengikatnya sederhana saja,(asal-asalan)

Nah pada zaman ini, banyak sekali terdapat perubahan pada piranti yang digunakan dalam memancing, OK akan kita bahas beberapa alat/perlengkapan dalam memancing. Namun sifatnya hanya pengenalan saja, dan untuk lebih lengkapnya akan diposting pada kesempatan lain

ALAT PANCING UTAMA (INTI)


1.JORAN / STICK
Joran adalah sebuah piranti yang digunakan sebagai pemegang utama dalam memancing. alat ini berfungsi sebagai dudukan reel, bertumpunya kenur/senar dan untuk mengarahkan tarikan ikan.
Sangat banyak tipe dan jenis Joran, mulai dari bahan pembuatannya, sifatnya dan modelnya.

Berbagai Variant Joran
Bagian2 Joran :
Bagian - bagian Joran

Menurut Bahan pembuatannya :
 - Fiber Glass
 - Mix Carbon
 - High Carbon
 - Dimana kesemua bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing2
Modelnya :
 - Tegeg : menggunakan model lama hanya seperti lonjoran joran yang digunakan untuk menarik ikan
 - Antena : Joran yang bisa dimasukkan / diperpendek dengan cara memasukkan tangkai / Bodynya (seperti antena pecut)
 - Joran Sambung / Piece : Joran yang memakai sistem memasang / menyambung pada setiap bagian / piecnya. terdapat berbagai pilihan, mulai dari sambungan 2 hingga 4 sambungan.
 - UKURAN PANJANG : variant, mulai dari 80 cm, hingga ada yang sampai ditemui 6 meter.
Sifatnya :
 - Melengkung pada Ujungnya saja
 - Melengkung sampai pertengahan body

2.REEL
Reel berfungsi sebagai tempat menyimpan Kenur / Senar yang digunakan menghubungkan umpan (dari kail) pada kita sebagai pemancing. Dewasa ini sangat banyak pilihan dan model dari pada reel. Jika dahulu penggunaan gulungan kenur ini hanya terbuat dari pipa paralon, maka saat ini banyak perkembangannya.
Berbagai macam modelnya :

Reel Baitcasting
Reel Flyfishing

Reel Spincasting

Reel Spinning

 Pada intinya semua jenis Reel / Gulungan ini sama. yakni untuk menyimpan dan mempermudah kita dalam menggulung kenur setelah melempar kenur. (Entah dapat ikan atau tidak.. Heheh )
Untuk Fungsinya masing2 akan diposting dilain kesempatan
 
3. KENUR / SENAR
Kenur adalah piranti utama pada memancing berfungsi untuk menghubungkan semua peralatan mancing mulai dari dasar Timah, kail, pelampung, sampai pada reel yang nantinya membantu kita dalam menangkan ikan yang sudah Hook Up pada kail kita. pada dewasa ini sangat banyak model - model kenur yang memiliki karakteristik dan bahan - bahan tertentu.
Beberapa bahan / Jenis kenur yang ada :
 - Kenur Monofilament
 - Kenur Fluorocarbon
 - Kenur Multifilament
Berbagai macam pilihan Kenur

4.KAIL / FISHING HOOK
Kail ada piranti dalam memancing yang digunkan untuk mendapatkan ikan lewat cara ikan yang memakan umpan yang sudah kita pasang pada kail yang ada. atau ada juga fungsi kail tidak hanya mendapatkan ikan dengan cara memakannya, namun dengan cara di kenakan/disebetkan pada bagian tubuh ikan, mancing dengan cara semacam ini dikenal dengan istilah sengget, rawe, baronang, dls tergantung bahasa masing-masing daerah :). terapdat berbagai ukuran dan bahan pada kail, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri dan tentunya tergantung kebutuhan.
Berbagai contoh bentuk kail dan ukurannya
Berbagai macam varian kail

Model Kail untuk Sengget

Varian ukuran kail


5.PELAMPUNG
Adanya pelampung bertujuan untuk membantuk kita dalam memberikan tanda jika ada ikan yang mendekati atau memakan umpan kita. Tanda-tandanya adalah bergeraknya (naik turun, goyang2, pidah tempat) pelampung dari permukaan air. Untuk Pemula teknik mancing berpelampung ini sangat disarankan karena memang membantu kita untuk mengetahui posisi umpan sedang didekati ikan atau tidak.
Sangat banyak bentuk dan juga bahan pembuatan pelampung, pada postingan saat ini hanya disampaikan modelnya saja.
Bahan Spon

Bahan Kayu Pilihan / Plastik


6.KILI - KILI / SWIVEL
Swivel adalah suatu piranti memancing yang baru baru ini ada (tidak ada jaman kakek kita kecil dulu hehe..) yang mana fungsinya adalah mencegah kenur kusut akibat dari putaran pergerakan ikan. kenur yang kusut akan menyebabkan posisi tenggelamnya kenur dalam air yang buruk, dan posisi pada reel yang kadang membuat kenur mbulet.
cara kerjanya adalah ada 2 bagian yang masing - masing dikaitkan pada ujung2 kenur dan rangkaian. sehingga putaran ikan dari rangkaian berkail, tidak akan diteruskan pada kenur utama.
Berbagai macam kili - kili yang memiliki fungsi tertentu

7.SNAP / PENITI
Peniti/Snap adalh suatu alat yang baru - baru ini ada, fungsinya adalah membantu mempermudah untuk menyambung dan memutuskan rangkaian berkail dengan kenur utama. atau juga ada jenis Snap untuk menyatukan pelampung dengan kenur, sehingga pelampung bisa bergerak bebas sesuai dengan keinginan si pemancing. ini sangat membantu kita, jika zaman dahulu kita harus menyambung kail dengan kenur dengan cara manual yang kadang sanga ribet dan juga tak jarang akan semakin membuat jenur kita terpotong dan memendek.
Berbagai macam bentuk snap, tergantung kebutuhannya

8. TIMAH
Terahir peranti pemancing utama adalah timah, yakni sebuah alat yang digunakan sebagai pemberat. fungsinya adalah sebagai tambahan beban agar lemparan umpan jauh sampai ke titik target, dan juga sebagai piranti yang menahan rangkaian kail kita tetap pada titik target dan tidak terbawa arus air.
Macam - macam timah, dan masih banyak model yang lainnya


BERBAGAI PIRANTI TAMBAHAN

1.TAS PANCING
Tas pancing ini berfungsi kita untuk menyimpan semua peralatan pancing yang ada, mulai dari cadangan hingga alat2 pancing utama kita.

2.KOTAK PANCING / TACKLE BOX
Kotak ini berfungsi sebagai penyimpan piranti2 memancing kita yang kadang berupa piranti yang berukuran kecil (kili, snap, pelampung) sehingga memungkinkan tertata dengan rapi dan mempermudah kita dalam mencarinya untuk digunakan pada suatu moment memancing. terlebih jika para pemancing hendak memancing dilaut makan akan sangat banyak piranti yang bisa disimpan didalamnya
Bentuk Tepak

Bentuk Tas


3.BOX ICE
Kadang kala kita memancing pada temapat yang jauh, atau sengaja berniatan untuk membawa ikan hasil pancingan untuk keluarga dirumah sebagai oleh - oleh.  Maka untuk kebutuhan agar menjaga ikan tetap segar sampai tujuan, diperlukan Box Ice ini untuk menjaga ikan dalam kondisi yang segar

4.BERBAGAI PERALATAN TAMBAHAN
Peralatan tambahn yang dimaksudkan disini, adlah alat bantu yang biasa digunakan dalam memancinf untuk berbagai keperluan melepas kain, memasang kain, atau memotong senar/kenur.
Peralataan tamabahan itu seperti :
 - Tang
 - Cuuter
 - Gunting
5.KERAMBA
Keramba adalah suatu alat tempat penyimpan ikan yang telah kita dapatkan. keramba berbentuk seperti jaring yang didesign sedemikian rupa sehingga bisa di tenggelamkan didalam air dan memungkinkan ikan didalamnya masih berhubungan dengan air

6.UMPAN TIRUAN --> Selengkapnya disini

Uman tiruan ini sangat banyak variannya, dan juga jenis, kualitas dan warnanya. Umpan ini biasanya digunakan para pemancing yang memancing dilaut yang memanfaatkan gerakan umpan tiruan ini untuk mengecoh ikan target agar mengejar dan memakan umpan tiruan ini yang disangkan ikan target yang bisa ia  makan. MNenurut bentuk da karakteristiknya ada Minow, Pooper, dls (akan dibahas lebih mendalam pada posting berikutnya). beberapa contoh yang berhasil dikumpukan sebagai berikut :



















Nah itu deh kiranya yang bisa diposting untuk kesempatan kali ini...
hhhh capek juga nyari2 bahan dan nulisnya, tapi bangga bisa berbagi untuk temen2 sekalian.. Selamat Memancing bagi yang ingin, hahahaha

Jangan lupa  follow atau tinggalkan komentar untuk mmbangun halaman sederhana  ini, atau hanya untuk sekedar tanya jawab.. THKS

9 komentar:

  1. Wah.. masuk mas Ahmad. Jos infonya paling lengkap dari pada yang lain.. Trims.. Izin Copas y mas

    BalasHapus
  2. Trimksh, silahkan Copas.. jika perlu cntumkan sumbernya.. heheh
    Slam knal....

    BalasHapus
  3. super sekali...mas Ahmad...

    BalasHapus
  4. thanks ya infonya, sangat membantu utk tugas kuliah saya :)

    keep blessing.

    BalasHapus
  5. mantap (y)
    nda bosan baca nya

    BalasHapus
  6. tHanks atas infonya,,infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Info yg sangat berguna biar gk gapcing.....
    berikut mohon info jenis alat yg hrs digunakan untuk wilayah pancing muara, payau, laut lepas,dsb.
    hehehe,,,,namanya juga infogratis, jadi borong dah...
    Makasemou tuari..

    BalasHapus
  8. Min mau tanya, jd kalau pake umpan tiruan, kita gak usah kasih umpan lg ya di kailnya?

    Min recomend joran pancing untuk di lau donk, merk nya dan wheelnya jg..yg di bawah 1 juta

    BalasHapus