Disini kita berdiskusi, tambah Informasi dan kebutuhan jual beli ONLINE maupun OFFLINE.., KLIK TABLE.of.CONTENT untuk melihat semua daftar posting dan barang

Sabtu, 24 November 2012

Rangkaian Sensor Sentuh untuk Pengaman Motor

Pengalaman membuat rangkaian sensor SENTUH, yang digunakan dalam pengaman motor. Sangat menarik, dan berguna untuk pengamanan motor, mengingat saat ini sangat banyak orang yang gelap mata karena kondisi ekonomi. maka sangat cocok sebagai upaya perlindungan selain memanfaatkan beberapa pengamanan motor yang lainnya.

Pengaman yang biasa digunakan adalah seperti gembok tambahan, dan juga saklar manual yang biasanya disembunyikan di jok atau bagian tertentu. Namun kelemahannya adalah seiring dengan perkembangan zaman  maka semakin canggih maling dalam membobol kunci pengaman tambahan yang ada.
Demikian pula dengan sklar manual, maka akan mudah diamati oleh calon pencuri kendaraan dimana anda menekan saklar tersebut, belum lagi kita lupa mengaktifkan saklar pada saat parkir, maka fungsi pengamanan ini saya bilang cukup ribet untuk saat ini.



Sensor sentuh ini,dapat dibilang cukup simple dan namun efektif. komponennya pun mudah didapatkan di pasaran luas. Untuk kemudahan dan design kita bisa menggunakan pcb Cetak sehingga rapi dan layak untuk dipandang atau dijual (referensi jasa design dan cetak PCB disini). atau bisa menggunakan Bread/Project Board (yang bisa didapatkan disini) .Untuk yang kesulitan untuk mencari komponen yang ada atau malas karena memang jauh dan di beberapa wilayah komponen dijual dengan mahal, saya bisa membantu dalam pemesanan dan pengadaan komponen (hubungi saja nomor dibawah).

Berikut rangkaian sensor sentuh dengan design simple dan juga hasil yang optimal :


 Keterangan komponen :
  1. Rellay  : 12 volt 
  2. D1,2    : 1N4148
  3. Tr 1      : C9012
  4. Tr2       : C9013
  5. R1        : 22 K
  6. R2        : 1 M
  7. R3,4     :100 K
  8. C1        : 1 n
Cara Kerja rangkaian sangat sederhana, 
Relay diaktifkan melalui Transistor NPN C9013 (Q1). Sedangkan Transistor akan aktif apabila basisnya mendapatkan cukup arus dari (Tr/Q2) PNP C9012 yang sebelumnya melalui R1. Untuk mengaktifkan Tr2 agar ada arus mengalir pada Tr1, maka basis diberi tegangan lebih kecil dari emitornya sekitar -0.7. dan hal itu akan terjadi jika kita memberikan sentuhan terhadap sensor dan sebagian dari tubuh kita menganung fungsi ground.

Fungsi susunan Dioda2 dan R4 adalah menjaga / mengunci tegangan yang ada pada basis, agar tetap ada meski sentuhan pad sensor kita lepaskan. dengan kata lain meski sensor kita lepas, maka Tr1 akan tetap menyala karena Tr2 juga ON. Selanjutnya relay bisa aktif terus, ini digunakan pada saat kondisi kendaraan mau dijalankan. 
Sedangkan Fungsi C1 sendiri menyimpan sementara pertama kali rangkaian mendapat arus, sehingga tegangan basis Tr2 akan sama dengan emitor nya. Dengan demikian, Tr2 akan tetap kondisi Off sebelum sensor disentuh oleh kita.

D1 difungsikan sebagai pengaman, agar tegangan yang kembali akibat terputusnya arus dari relay tidak merusak  Tr2.

NAH DEMIKIAN CARA KERJA RANGKAIANNYA, SANGAT SIMPLE NAMUN HASIL MAKSIMAL...
Silahkan mencoba dan selamat bereksperimen..

PEMASANGAN PADA MOTOR :
Relai memiliki 3 kaki

Kaki 1 : Terminal Input tegangan relay
Kaki 2 : Terminal Output Tetap (terhubung langsung, relay non Aktif)
Kaki 3 : Terminal Output (Terhubung ketika relay aktif)








Pemasangan pada motor CDI AC

Pemasangan pada motor CDI DC




Jika kesulitan membuat, kami juga memproduksi rangkaian diatas. sehingga tinggal pasang saja ke motor anda. Pemesanan dan Info lebih lanjut silahkan SMS : 083857715882, Email : muh.mir300@gmail.com, atau tinggalkan komentar disini


Silahkan tinggalkan komentar untuk tanya jawab seputar rangkaian di atas.

9 komentar:

  1. Mantap tuh gan.
    Tapi ane kaga' ngarti elektro.
    Gan, kalo boleh tau harga berapa?

    BalasHapus
  2. hehe, salam kenal...
    Sebnarnya simple gan.. Namun kalau pengin rangkaian yang udah jadi.. lengkap box dan pengkabelan.. di jual harga 60ribu satuan, dan untuk jumlah tertentu, mungkin masih bisa nego..

    BalasHapus
  3. Kemarin : atas nama IHWAN SETIAWAN, menanyakan : ??
    "-mbah ne sensornya ckup dngan sentuhan sja atau bagaimna?-"

    nah untuk mmbantu temen2 sekalian langsung sya share juga disini..

    Ya tentunya, dg label "sensor sentuh" maka nantinya sensor akan menyala dengan hanya sentuhan jari. (intinya anggota badan kita) maslah penempatan sensor.. terserah dan tergantung kekreatifitasan (intinya mudah di jangkau oleh kita, namun sebenarnya tidak banyak yang menebak atau yang mengetahui) terutama bagi para malingers, yang berniat meminjam motor kita tanpa bilang dulu,, hehe... kalau mau sharing lbh dalam ya monggo..

    BalasHapus
  4. Alamatnya dmn gan???

    BalasHapus
  5. mohon minta tolong atas penjelasannya
    ditoko2 kog gk da gan yg nmanya alat sensor sentuh???
    emg yg paling jelas apa nama alatnya yg mesti di beli untuk supra X 125,,,,
    terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mencari do toko sparepart motor? Sensor hanya mengandalkan sentuhan tubuh/fisik manuasia.. tidak ada sensor khusus.
      Dan alat ini bersifat general, bisa di pakai untuk segala merk motor..

      trimkasih

      Hapus
  6. Mau Nanya ni Mas,...
    Jarak Antara Plat Sentuh Dgn Rangkaian Berpengaruh Ga",.????
    Alnya Dalam Rangkaian Saklar sentuh yg menggunakan IC 555 Jarak Antara Rangkaian dgn Plat sentuh cukup berpengaruh,....

    BalasHapus
  7. Izin Bertanya ni Mas,...
    Dalam Pemasangan Jarak antara Plat Sentuh Dgn Rangkaian Berpengaruh atau tidak,.???
    Alnya, Dalam pemasangan saklar sentuh yg menggunakan IC 555 jarak antara Plat sentuh Dgn rangkaian cukup berpengaruh,...

    BalasHapus